KEGIATAN BIMTEK E LAYANAN ADMINDUK APLIKASI SIDAK (SISTEM INFORMASI ADMINDUK) TAHUN 2022

SHARE

Langsa -  Dinas Registrasi Kependudukan Aceh ( DRKA) bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa melaksanakan  kegiatan Bimtek E Layanan Adminduk Aplikasi SIDAK (Sistem Informasi Adminduk) yang dilaksanakan di Aula Vitra Tirta Raya Kota Langsa, 6 Oktober 2022.

Kegiatan Bimtek E Layanan tersebut dibuka oleh staf Ahli Walikota Langsa Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia Ir. Abdul Qaiyum yang dihadiri oleh 40 orang perserta  yang berasal dari  Petugas Registrasi Gampong  ( PRG ) dan  Perwakilan dari Dinas Dukcapil Kota Langsa.  

Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh Drs. Teuku Syarbaini, M. Si dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pelayanan publik yang dihadirkan kepada masyarakat sejatinya merupakan hasil pemikiran melalui uji publik secara berkualitas dan melibatkan inovasi-inovasi yang menyempurnakan pelayanan publik secara relevan.

Ia menabahkan bahwa seiring perkembangan zaman yang modern, Pemerintah Aceh melalui Dinas Registrasi Kependudukan Aceh berkomitmen memberikan informasi kependudukan dalam rangka mendukung pelayanan publik.

"Dukungan pelayanan berbasis digital tersebut hadir sebagai peningkatan kualitas data melalui pengembangan sebuah aplikasi yang dapat dibagipakaikan sehingga dapat miningkatkan informasi kependudukan yang lebih baik dalam mendukung perencanaan, pelayanan publik, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal" ujarnya.

"Untuk itu dalam waktu dekat DRKA akan merilis Aplikasi SIDAK secara simbolis untuk masyarakat agar kedepannya masyarakat dalam hal pengurusan dokumen adminduk tidak usah kekantor dukcapil, cukup dirumah saja, semuanya bisa di lakukan pengajuan melalui online" pungkas T. Syarbaini.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa , H. Agussalim, SH, MH dalam sambutannya mengatakan bahwa mewakili Seluruh Staf Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Langsa, sangat mendukung dilaksnakannya kegiatan ujicoba 
kembali pelaksanaan penerapan Aplikasi  Sidak melalui Bimtek E layanan online yang dilaksanakan di Kota Langsa.

" kami sangat mendukung dilaksanakannya kegiatan ujicoba kembali pelaksanaan penerapan Aplikasi  Sidak melalui Bimtek E layanan online yang dilaksanakan di Kota Langsa. Semoga penerapan kegiatan ini berhasil dan dapat berguna secara maksimal dalam melayani masyarakat yang ingin mengurus dokumen administrasi kependudukan khususnya di Kota Langsa" tutup H. Agussalim.(*)